Aneka

my story blogs

Wisata Ke Batu Malang Naik Kereta Api 2023

Asik dan menyenangkan bukan bila waktu liburan bisa kita isi dengan mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, jalan jalan mengunjungi tempat tempat wisata batu malang yang menarik dan eksotik. Yaa..saya memilih kota batu malang sebagai destinasi wisata saya. Bila Anda pengguna kereta api, dari jakarta, bandung, jogjakarta, solo ke batu malang naik kereta api lebih mudah bila memilih stasiun kota baru malang sebagai tempat kedatangan kita.

Stasiun Kota Baru Malang sendiri memang melayani berbagai rute kedatangan karena stasiun ini adalah stasiun terbesar di kota malang yang memiliki tingkat kunjungan yang paling tinggi, apalagi pada musim libur panjang. Berada di lokasi yang sangat strategia yaitu berlokasi di Jl. Trunojoyo Malang ini menjadi salah satu alternatif wisatawan yang ingin datang ke batu malang selain bandara abdulrachman saleh malang.

Sekarang kereta api sudah mengalami perubahan yang signifikan dan menjadi transportasi favorit banyak orang. Kita sudah tak mendengar lagi tentang penumpang kereta api yang tidak kebagian tempat duduk mesti tarif naik kereta api mengalami kenaikan. Perubahan sistem dan pembenahan dalam banyak sektor membuat transportasi kereta api sangat digemari.

Untuk bisa ke kota batu, kita tidak bisa langsung menggunakan kereta api karena kota batu tidak memiliki stasiun seperti layaknya kota malang. Jadi untuk bisa ke kota batu, Anda harus datang dahulu di kota malang dan harus berpindah dan mencari transportasi dari stasiun malang ke batu. Ada 3 transportasi yang bisa Anda pilih untuk tujuan ke Kota Wisata Batu yaitu Angkot, Taksi dan Sewa Mobil.


www.lifesavvy.com

Transportasi Ke Kota Batu
1. Angkot
Angkutan Kota atau yang biasa disebut Angkot adalah layanan transportasi umum yang biasa ditemui diberbagai kota besar di Indonesia, biasanya akan melintasi jalur trayek yang sudah ditentukan oleh pihak pemerintah daerah setempat. Jalur dilewati memang tertentu dan jika Anda sengaja memilih Angkot untuk tujuan ke Kota Batu memang harus menaiki 2 kali Angkot untuk bisa sampai ke Kota Batu. Untuk bisa ke kota batu pertama Anda haruslah memilih angkot dengan jalur AL ( Arjosari Landungsari ) dari stasiun Malang dengan jurusan Terminal Landungsari.

Tulisan "AL" tersebut akan tertera pada lambung kendaraan - kaca depan - kaca belakang yang akan mudah terlihat dari kejauhan, sekali lagi pastikan memilih Angkot AL tujuan Terminal Landungasari mengingat ada 2 jalur Angkot AL di kawasan stasiun dengan tujuan yang berbeda.

Perjalanan dari Stasiun Malang ke Terminal Landungsari berkisar antara 30 Menit s/d 45 Menit perjalanan untuk kondisi jalan normal, jika sudah sampai di Terminal Landungsari Anda bisa turun dan berpindah angkot jalur BJL atau tujuan terminal batu dengan warna kendaraan berwarna Ungu Muda. Keuntungan menggunakan Angkot memang harga yang ditawarkan sangat murah, berkeliling melewati jalur trayek di perkotaan sembari bisa melihat suasana Kota Malang hingga Kota Batu selama perjalanan berlangsung.

2. Taksi
Layanan taksi memang sudah tak asing lagi ditelinga kita, biasanya akan sangat mudah ditemukan di kawasan wisata, Bandar Udara, Stasiun, pusat keramaian atau pada spot lokasi yang orang akan banyak membutuhkan jasa layanan transportasi seperti taksi. Untuk sekarang ini taksi tak seperti dahulu menggunakan mobil sedan yaitu Vios, tetapi untuk sekarang banyak menggunakan mobil minibus yaitu Avanza atau Xenia.

Biasanya jumlah tempat duduk bagian belakang sengaja dihilangkan yang digantikan untuk memperluas space Bagasi penumpang, membawa barang bawaan yang cukup besar bakal akan tetap bisa dimasukkan ke bagasi Taksi. Layanan ini memang cocok untuk Anda yang hanya menginginkan layanan sekali antar saja atau biasa disebut Drop Off, dengan satu tujuan lokasi yang diinginkan dengan menggunakan tarif harga sesuai jarak yang akan ditempuh.

Jika tujuan sobat dekat memang harga yang ditampilkan pada layar argo akan lebih murah dibandingkan dengan tujuan yang jauh, akan tetapi untuk yang menginginkan layanan dengan beberapa tujuan sekaligus memang Taksi kurang cocok untuk keinginan Anda.

3. Sewa Mobil
Menggunakan jasa sewa mobil untuk tujuan ke Kota Wisata Batu dengan beberapa tujuan sekaligus menggunakan layanan Sewa Mobil memang paling cocok sekali, lebih fleksibel baik mulai dari start penjemputan hingga finish ke lokasi tujuan yang bisa Anda tentukan baik sewa 1 hari hingga beberapa hari sekalipun.

Pemesanan jenis kendaraan sesuai dengan jumlah rombongan dari mobil tipe Hatcback hingga Micro Bus sekalipun bakal bisa tetap mudah pemesananya, memang biasanya pemesan akan diminta untuk membayar DP (Down Payment) sebagai tanda jadi pemesanan yang akan dijadwalkan menyesuaikan Rundown acara yang bisa sobat planning sebelumnya.

Sewa Mobil plus driver adalah layanan yang banyak ditemukan melalui situs pencari Google.com, keunggulan layanan ini adalah pihak penyewa akan dilayani driver dalam menemukan lokasi tempat wisata tanpa harus capek menyetir dan mencari lokasinya sendiri. Walau dalam kondisi jalan macet sewaktu libur panjang akan tetap nyaman tanpa capek mengendari kendaraan sewaan, untuk harga memang tergantung jenis mobil atau kapasitas mobil yang akan sobat sewa.

Menemukan tempat kuliner yang rekomended hingga mensolusikan waktu kunjung di tempat wisata yang tepat bakal akan jauh lebih menyenangkan dan tak perlu bingung mencari lokasi parkir kendaraan jika tempat tujuan lagi penuh areal parkir kendaraanya.

Tips Wisata Ke Batu Malang

Sebagian orang akan beranggapan wisata memang membutuhkan persiapan yang matang supaya tak terjadi hal yang tidak diinginkan atau hal yang membuat momen wisata menjadi tak sesuai rencana, memang perlu ada persiapan untuk bisa seperti planning idaman Anda. Apalagi jika wisata tersebut bersama orang terkasih ataupun bahkan keluarga, bakal momen ceria bisa berubah menjadi hal yang menjengkelkan.

Sedangkan biaya yang sudah dikeluarkan sudah banyak, bakal kekecewaan bisa semakin tak terbendung. Jadi ada baiknya menyimak beberapa tips wisata ke batu malang versi Aneka yang mungkin bisa mengurangi hal tak diinginkan selama wisata, siap-siap dan lets go.

1. Atur Jadwal Jangan Mendadak
Wah ini jangan sampai terjadi, bakal bisa banyak hal yang terlupakan atau malah ribet ditengah perjalanan. Pengaturan jadwal penentuan keberangkatan haruslah jauh - jauh hari sebelum hari H, hal ini dimaksudkan untuk dapat memberikan waktu untuk pemesanan tiket perjalanan, booking tempat menginap hingga packing barang bawaan.

Pastikan semua rombongan pada hari H tidak ada kesibukan lain alias benar - benar libur, jika ada yang masih menempuh pendidikan atau bekerja harus sudah mendapatkan izin/cuti. Paling enak jika momen wisata pada waktu libur panjang supaya semua dalam kondisi free.

2. Pemesanan Tiket Perjalanan
Untuk yang menggunakan transportasi umum seperti Kereta Api atau Pesawat, pesanlah tiket jauh - jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket dan harga tiket akan jauh lebih murah dibandingkan pemesanan tiket yang mendadak mendekati hari H. Selain itu pemesanan tempat duduk untuk yang menggunakan Kereta Api bisa dipilih sesuai keinginan, jadi bisa tetap berkumpul dalam 1 bari tempat duduk supaya lebih nyaman selama perjalanan.

Apalagi yang sedang mengajak anak kecil haruslah memesan tempat duduk bersama orang tua supaya tetap mudah dalam pengawasannya, pemesanan melalui online sekarang memang sudah lebih mudah dan untuk pada hari H tinggal cetak Tiket saja.

3. Pemesanan Tempat Menginap
Jika wisata dengan tujuan yang jauh pastinya membutuhkan tempat menginap pada kota tujuan, ada baiknya jangan memaksakan untuk langsung balik pulang dengan kondisi yang capek berat. Karena berwisata dengan tujuan mengusir stress atau penat jadi alangkah baiknya menyisihkan waktu juga pastinya uang lebih untuk bisa menginap dan memperpanjang waktu berwisata. Dengan begitu tujuan wisata yaitu untuk bersenang-senang akan terwujud dengan baik sesuai harapan, jadi santai saja dan terburu-buru pulang ke rumah yaa.

Jadi pastikan memilih untuk mencari tempat beristirahat yang sesuai dengan budget yang diinginkan, bisa memilih homestay, penginapan harga murah atau bisa memilih hotel low budget apalagi jika bisa mendapatkan discount pengurangan harga pada momen-momen tertentu untuk hotel. Jadi momen wisata ke batu malang akan tetap menyenangkan dan tak harus keluar uang banyak meski harus bermalam di Kota Batu maupun Malang.

4. Pemesanan Transportasi
Untuk bisa mempersingkat waktu dan memaksimalkan wisata, memilih transportasi dengan menyewa kendaraan adalah pilihan yang bijak. Sebab sobat akan lebih efisien waktu dan maksimal dalam mengunjungi beberapa tempat wisata, hunting kuliner juga oleh-oleh maupun menjangkau kawasan wisata tertentu yang tak dilalui oleh kendaraan umum bertrayek. Meski waktu jalan-jalan hanya beberapa hari saja sudah bisa mengunjungi banyak tempat wisata dan memenuhi kebutuhan belanja serta hunting kuliner di Kota Batu Malang.

Beda harga sedikit dengan wisata Go Show tetapi efisiensi waktu bakal akan jauh berbeda, tanpa disibukkan dengan memesan transportasi tiap akan berpindah lokasi wisata atau ketika hunting kuliner maupun oleh-oleh. Karena pihak jasa transportasi sewaan Anda akan tetap akan menunggu dan selalu siap tuk mengantar ke lokasi tujuan lainnya setiap waktu.

5. Atur Waktu Kunjung
Ini juga sangat penting, tulis di kertas dan atur waktu mulai dari berangkat dari rumah hingga nanti kembali ke rumah dengan cantumkan tanggal juga jam. Akan tetapi sebelum mencatat hal ini harus tahu betul tentang Jam Kereta Api dari mulai berangkat hingga tiba di Stasiun Tujuan yaitu Stasiun Malang Kota Baru.

Baca :  Stasiun Kereta Api Di Batu Malang

Sumber : https://sewamobildistasiunmalang.blogspot.com/2018/02/wisata-malang-batu-naik-keretaapi.html